Menu Melayang

26 Agustus 2022

Mengenal Jenis Dan Metode Galvanis

Hot Dip Galvanize

Galvanisasi adalah proses pemberian lapisan seng pelindung untuk besi dan baja yang bertujuan untuk melindunginya dari karat. Istilah ini diturunkan dari ilmuwan Italia Luigi Galvani. Galvanisasi umumnya dilakukan dengan metode celupan panas di mana baja dicelupkan ke seng cair. Metode galvanisasi lainnya dapat dilakukan secara elektrokimia dan elektrodeposisi. Logam pelapis yang biasanya dipilih adalah seng, karena seng memiliki sifat yang tahan terhadap karat.

Jenis-Jenis Metode Galvanis :

Ada 3 metode yang dilakukan pada proses Galvanisasi yaitu :

1. Hot-Dip Galvanizing (HDG)

Metode yang pertama ini dilakukan dengan cara merendam (galvanizing) logam dasar ke dalam kolam seng. Logam dasar harus dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar ikatan kualitas yang dibuat antara logam dasar dan lapisan seng bisa benar-benar menyatu. Selama tahap perendaman, cairan seng sepenuhnya akan melapisi logam pada permukaan terluarnya. Penggunaan larutan cairan seng untuk melapisi seng minimal 98% murni unsur seng.

Proses galvanizing dilakukan pada suhu tinggi berkisar 440 – 460 derajat celcius yang bertujuan untuk menghilangkannya dari sisa oksida yang bisa saja tersisa walaupun sudah dibersihkan. Perendaman sendiri akan berlangsung sekitar lebih kurang 2 menit.

Selanjutnya akan dilakukan tahap pendinginan (quenching). Logam galvanis tadi kembali direndam tapi ke dalam larutan sodium cromate (konsentrasi 0,015%) dalam suhu ruangan atau menggunakan air. Hal ini bertujuan untuk mencegah karat putih (white rust).

Proses terakhir adalah finishing, yang merupakan proses menghaluskan permukaan pipa logam yang runcing. Runcing terjadi karena mengeringnya cairan seng yang mau menetes pada permukaan pipa logam.

Keunggulan dari metode ini adalah:

  • Harga terjangkau
  • Prosesnya cenderung cepat


2. Pra-Galvanisasi

Metode kedua ini biasanya diproses pada pabrik baja, dan pada lembaran logam bergulir. Logam yang sudah terbentuk dibersihkan seperti metode galvanis hot-dip. Selanjutnya, logam akan melewati kolam larutan seng cair yang panas dan logam akan ditarik kembali.

Keunggulan dari metode ini adalah:

  • Prosesnya cenderung cepat karena gulungan besar lembaran baja bisa digalvanisasi dengan lapisan yang seragam


3. Elektro-Galvanisasi

Berbeda dengan 2 metode sebelumnya, metode jenis elektro-galvanisasi menggunakan arus listrik dalam larutan elektrolit untuk mentransfer ion seng ke logam dasar. Pada tahap pertama, akan dilakukan pengurangan ion-ion seng bermuatan positif menjadi logam seng. Selanjutnya, logam seng akan diendapkan pada material bermuatan positif. Metode elektro-galvanisasi juga diterapkan pada gulungan lembaran logam.

Keunggulan dari metode ini adalah :

  • Bahan baku yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan 2 metode lain
  • Lapisannya terjamin seragam dan rapi
  • Pelapisannya lebih efisien tapi kekuatan anti karatnya lebih kuat
  • Melapisi anti karat lebih banyak dengan waktu lebih singkat
  • Lapisan lebih terang dan lebih bagus


Keunggulan

Mengapa banyak orang yang membeli produk tower yang telah di galvanis? Alasannya adalah karena tower yang sudah digalvanisasi akan cenderung menjadi lebih awet dan tahan karat, karena besi sebagai bahan baku tower tersebut telah dilapisi dengan bahan anti karat. Keunggulan ini membuat tower finishing hot dip galvanis menjadi produk yang paling banyak digunakan. 


INFO PEMESANAN TOWER HD GALVANIZE



Admin 1 Admin 2 Admin 3

Kami melayani pemesanan dan pemasangan tower berikut penangkal petir elektrostatis maupun konvensional untuk rumah tinggal,  ruko,  hotel,  kantor,  pabrik,  gudang,  gedung bertingkat, pembangkit listrik serta area tambang.


Catatan: Jika Admin 1 lambat atau tіdаk merеѕроn, silahkan langsung chat pada Admin 2 atau Admin 3. Terima Kasih

Blog Post

Related Post

Back to Top

Our Client

Jasa Pasang Tower Triangle

Join Us To Get Update