Laman

Sejarah dan Perkembangan Kamera CCTV

CCTV
Sejarah dan Perkembangan CCTV - Kamera CCTV (Close Circuit Television) atau televisi jaringan tertutup dari televisi sirkuit tertutup. Ia akan mengirimkan foto dari kamera video ke monitor baik melalui kabel, pemancar nirkabel atau melalui internet. Gambar dari CCTV ini dapat direkam dan disimpan pada disk penyimpanan.

CCTV sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1942 oleh Siemens AG di Jerman pada acara peluncuran roket V-2 yang mana CCTV pada acara tersebut sendiri merupakan desain dari seorang ahli bernama Walter Bruch. Dengan menggunakan Camera CCTV, petugas bisa memantau pengujian jarak dekat tanpa bahaya, mengawasi cacat dan masalah lainnya yang mungkin telah dinyatakan tak terdeteksi.

Untuk wilayah Amerika Serikat sendiri, CCTV baru dipergunakan secara umum pada tahun 1949 dengan nama produksi Vericon. Sedangkan kota pertama di Amerika Serikat yang menggunakan teknologi CCTV sebagai salah satu alat pengawas keamanan kotanya adalah Kota Olean, New York.

Pada tahun 1960-an, Inggris mulai memasang sistem CCTV Camera di tempat umum untuk memonitor orang banyak selama unjuk rasa dan penampilan tokoh masyarakat. Pemasangan kamera menjadi lebih populer, baik di ruang publik dan toko ritel, sebagai teknologi yang dikembangkan. Hari ini di Britania, Camera CCTV memonitor jalan, trotoar dan lapangan di pusat kota, stasiun kereta api dan bis umum, serta di toko-toko eceran dan usaha lainnya.  Pada tahun 1996, pengeluaran pemerintah pada teknologi CCTV menyumbang tiga perempat anggaran pencegahan kejahatan di Inggris.

menggunakan teknologi CCTV pribadi telah menjadi lebih luas sebagai teknologi telah menjadi jauh lebih mudah untuk mendapatkan. Banyak sistem menggunakan Camera CCTV di rumah mereka sendiri untuk menangkap pasangan kecurangan, atau untuk memantau perawatan anak-anak mereka di “Nannycams.”

Sampai saat ini sendiri teknologi CCTV juga masih digunakan di berbagai dunia termasuk di Indonesia sebagai alat pengawas keamanan di tempat umum seperti Bank, sekolah, kantor perusahaan atau di rumah pribadi penggunanya.