Laman

Pengertian Wired dan Wireless Networking

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari satu tempat ke tempat lain (wikipedia). Jadi telekomunikasi bisa diartikan penyampaian atau pertukaran informasi antara dua pihak dimana terdapat jarak diantara keduanya entah itu jauh ataupun dekat.

Dari segi bentuk, telekomunikasi dibedakan menjadi dua bagian yaitu Wired dan Wireless.


Yang dimaksud dengan Wired Network adalah Pendistribusian informasi melalui kabel sebagai media penghubung dan biasanya digunakan dalam jangkauan lokal semisal dalam satu area gedung, kabel yang sering digunakan adalah jenis : Coaxial Cable, Unshielded Twisted Pair Cable (UTP) maupun Fiber Optic Cable. Jaringan dengan menggunakan kabel ini selain memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.
Wired Networking
Wireless Network :

Wireless artinya nirkabel atau tanpa kabel, kebalikan dari Wired, pendistribusian informasi melalui gelombang radio sebagai media transmisinya yang di set untuk bekerja dibidang frekwensi tertentu sesuai standar.

Wireless Network merupakan layanan jaringan antar gedung untuk menghubungkan antar jaringan LAN & PC yang lokasinya berjauhan dengan menggunakan tekhnologi Broadband Radio Link dengan kecepatan 2 - 150 Mbps.

Implementasi jaringan Wireless biasanya juga digunakan untuk berbagai akses internet agar memperoleh akses intenet secara online 24 jam dengan biaya yang murah

Wireless Networking